Kamis, 28 Januari 2010

Kisah Nabi Ya'kub As.

Dalam sebuah kabar tentang Nabi Ya'kub As dinyatakan bahwa Allah telah menurunkan wahyu kepadanya: “Andai saja tidak diketahui oleh ilmu-Ku untuk menolongmu, maka Aku akan menjadikan Zat-Ku sebagai Zat Yang paling kikir di hadapanmu, karena kamu seringkali menolak perintah-Ku, namun di sisi lain banyak meminta kepada-Ku. Aku pun akan menangguhkan permohonanmu. Akan tetapi, berkat pertolongan-Ku kepedamulah, sehingga Aku jadikan Zat-Ku sebagai Zat paling pengasih dan pemutus suatu hukuman teradil. Aku tahu bahwa kamu di hadapan-Ku memiliki kedudukan tinggi di mana kedudukan tersebut bukan berasal dari amalmu, melainkan karena kesedihanmu terhadap hilangnya Yusuf. Oleh karena itu, Aku ingin memberikan derajat tinggi tersebut kepadamu”.

Ketika Jibril menemui Nabi Yusuf As di penjara, Yusuf As bertanya kepadanya: “Bagaimanakah kesedihan Syaikh (Ya'kub As) ketika Anda tinggalkan?” Ia menjawab: “Ia sangat bersedih karena kehilanganmu, laksana kesedihan orang tua yang kehilangan seratus anaknya”. Yusuf bertanya lagi: “Pahala apa yang akan ia dapatkan dari Allah SWT?” Jibril menjawab: “Pahala seratus orang yang mati syahid”.

(Petikan Kitab Qutul Qulub, Al-Arif Billah Abu Thalib al-Makki)

Tidak ada komentar: