Selasa, 01 Desember 2009

Kasih Sayang Terhadap Sesama Makhluk

Dikisahkan bahwa sesungguhnya Nabi Musa As. pernah berkata, 'Ya, Tuhanku, berilah aku wasiat!'. Lalu Allah SWT berfirman, 'Jadilah engkau orang yang menyayangi makhluk!' Nabi Musa As menjawab, 'Baiklah'. Kemudian Allah SWT menghendaki agar ia menampakkan kasih sayangnya kepada para malaikat, lalu mengutus malaikat Mikail dalam bentuk burung 'Ushfur (pipit) yang kecil, malaikat Jibril dalam bentuk burung elang. Lalu burung tersebut datang kepada Nabi Musa As dan berkata, 'Selamatkanlah aku dari elang!' Nabi Musa As menjawab, 'Baik'.
Setelah itu elang datang dan berkata, 'Wahai Musa! Seekor burung lari dariku, sedangkan aku sangat lapar!'
Lalu Nabi Musa As menjawab, 'Aku akan menghilangkan rasa laparmu dengan dagingku'
'Aku tidak akan makan kecuali pahamu,' kata elang.
'Silahkan!' Jawab Musa As.
Lalu ia berkata, 'Bagus sekali wahai Kalimullah! Sesungguhnya aku adalah Jibril dan burung pipit itu adalah Mikail. Allah SWT mengutus kami berdua untuk menunjukkan kasih sayangmu kepada para malaikat sebagai jawaban atas ucapan mereka:
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ ‌ - البقرة:٣٠
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

Selasa, 1 Desember 2009

Tidak ada komentar: